Antara baik-buruk dan benar-salah


Well… this is simple.. tapi bertahun-tahun gw berkutat dengan kedua hal ini dan mungkin sekarang-sekarang ini bisa dibilang gw sudah mulai bisa membedakan apa itu baik-buruk ataupun benar-salah.

Keduanya sama-sama ukuran abstrak yang dipakai untuk menilai sesuatu atau bahkan seseorang. Benar-salah buat gw pribadi hanyalah ukuran yang bisa dipakai oleh Tuhan. Karena hanya dialah yang Mahatahu dan mahaadil. Apa yang benar belum tentu baik dan apa yang salah belum tentu buruk. Someone said kebenaran sejati tidak ada. (CMIIW Einstein?) hehehe… Benarkah?! Kebenaran hanya dipegang oleh Tuhan yang sempurna. Karena untuk menjadi benar perlu pengetahuan. Hahaha… Padahal buah itu telah dimakan sendiri oleh leluhur kita si adam dan hawa. Tapi in the end semua itu akan membawa kita ke ujung mana? yang baik, atau yang buruk? Am I right?

Dulu banget gw pernah berkutat dengan masalah baik-buruk, benar-salah seputar
kelakuan si Adam & Hawa yang makan buah terlarang. Mereka salah karena melanggar perintah. Tetapi apakah mereka menjadi buruk setelah memakan buah itu? Well… hahaha… enough bout that yah… I’m not gonna open that door again.

Pada kenyataannya pengetahuan selalu membuka sesuatu. Apapun itu. Lagi-lagi pengetahuan adalah air yang mengalirkan kita ke muara baik atau buruk. Kalo memang kebenaran sejati tidak dapat ditemukan maka jalan satu-satunya adalah mencari jawaban TERBAIK untuk setiap masalah. Tidak ada yang berhak mengatakan itu benar atau itu salah kecuali Dia si mahatahu.And I always try not to judge… karena ukuran yang dipakai untuk mengukur akan dipakai pula ke gw. So gw pribadi pada akhirnya berusaha memuaskan diri dengan menjawab apa yang terbaik? Apa yang bisa membuat keadaan menjadi tidak lebih buruk tetapi lebih baik.dengan berpegang teguh pada keyakinan mungkin saja itu “benar”. Hahaha… am I making any sense of writing this?

Jadi gini… kronologis sampe akhirnya gw menuliskan tulisan diatas… adalah…pembicaran YM gw dengan seorang senior berjabatan creative group head di sebuah perusahaan advertising asing (hai Mas Arief! Yg usut punya usut adalah senior tempat gw kuliah). Awalnya gw iseng mengumpulkan keberanian untuk bertanya mengenai satu lowongan yang gw temukan di milis(apa daya tangan kurang cepat meraih, lowongan sudah terisi)… sampai akhirnya gw memberanikan diri mengirimkan tugas akhir gw untuk dikomentarin. HAsilnya…? Hmm… don’t know juga… gw cukup puas dengan dikatain “nice job”.(^^)v. Hahaha… tapi…(BTW semua pernyataan yang mengandung “cukup” atau “sudah”, selalu disertai “tapi”(Believe it or not?!) gw ter… apa yah bahasanya… tergugah? Hmm… tergelitik? Tersentil dengan satu pernyataan… “gw gak tau… seberapa jauh,.. efeknya”
Hahaha… simple tapi bikin mikir. SECARA beriklan selalu bertujuan memberikan pengaruh, efek…!!! Kata-kata “nice Visual” jadi cuma bermakna sekedar untuk memperhalus …(hahaha… orangnya kayanya memang baik… secara dia mau2 aja digangguin sm anak bau kencur sok tahu macam gw. di jam kerja pula!).Dan untuk kesekian kalinya itu lagi komentar orang. D***! Jadi berasa masih jauh bgt jalan yang mau gw tempuh untuk mencapai cita-cita gw. Yah gpp juga seh namanya juga proses. So… GIMANA CARANYA MEMBERIKAN EFEK ATAU PENGARUH SESUAI DENGAN YANG KITA INGINKAN? Agh … that d*** one question with thousand possibility answer!

Fiuh… mikir sana sini, kenyataannya yang terlintas di pikiran gw sampe sekarang Cuma kata2 dosen gw (yg BTW dulu adalah temen satu kosnya si Creative Group Head ini) KETAHUI KEPADA SIAPA KAMU BICARA! Apa yang mereka pikirkan? Apa kebiasaaan mereka? Kenali mereka sedalam-dalamnya. Selidiki kalau perlu ikuti kebiasaan mereka. Well.. itu seh yang kurang dari tugas akhir yang berbulan-bulan gw kerjakan dengan terlunta-lunta dan terseret-seret itu. Kenapa bisa begitu? Karena gw serakah. Terlalu takut pengaruh tidak menyebar dengan baik jadinya semua orang dijadikan target. Akhirnya? Yah kue satu loyang buat makan berjuta-juta orang…?”gak nendang” “gak kena” “gak kenyang” “Gak tepat” haiyo… sedih deh gw! Akibat tidak berani spesifik/khusus! Pelajaran Moral.. Kalau mau nembak FOKUS! Bidik sasaran dengan tepat!(guys pay attention to this statement!)
bener kata harry gak mungkin memuaskan semua orang… S*** knp juga plegmatis gw dominan di waktu itu?

Well itu pelajaran pertamanya. Pelajaran kedua? Lagi2 gw teringat kata2 dosen gw di pelajaran metodologi desain. ADA TIGA PILIHAN, TAPI KAMU CUMA BISA PILIH SALAH DUA. Cepat? Bagus? Murah? That’s all. Mo Bagus,cepat dan murah? Mimpi! Kenyataanya…. Mau Cepat dan bagus selalu mahal. Mau Bagus dan murah selalu lama. Mau Murah dan cepat selalu jelek. JAdi… kata dosen ku itu… kita harus milih mau ngejar yang mana…. Tugas Akhir GW? Kayanya masuk yang ‘mau bagus tapi murah secara instant’. JAdinya… kurang matang! Hehehehe….(–‘)duh ketawa miris!

Once someone I adore said “coba bikin dulu yang benar. Gak perlu bagus tapi setidaknya benar dulu….!” Yah… balik ke baik-buruk dan benar-salah… Walau mungkin gw terlihat melakukan kesalahan…. fuh… sekarang ini gw lagi berusaha membesarkan hati dengan berpikir.. mungkin ini jalan terbaik untuk menuju kebenaran…! belum benar… tapi akan benar! Iya kan? IYA! Hahaha… (ketawa berusaha bersemangat). GPP namanya juga proses. Bodoh itu manusiawi. Tapi gw gak akan bodoh selamanya.Setiap bunga punya cara sendiri untuk mekar. Tergantung pupuk, tanah, cahaya, dan airnya. Dami boleh aja mekar duluan. GW PASTI NYUSUL! Lebih indah atau tidak? Well.. it’s not important. Karena setiap bunga punya kecantikkan pribadi yang susah untuk dibandingkan.(entah benar entah salah entah cuma menghibur diri…(^-)) Yang pasti gw gak akan berkutat dan jatuh disini. Well.. next project would be better. Biar kata judulnya “Tugas Akhir” gw gak pernah mau menyatakan itu sebagai karya idealis terakhir gw. Karena gw masih ingin berkarya… meciptakan gak cuma satu masterpiece tapi berjuta-juta…dan gw cukup yakin jalan ini adalah jalan terbaik yang bisa gw tempuh.AMIN (semoga dia mendengarkan dan mengijinkan ini terjadi)

Hahaha… Tuhan… mo nanya one little question… Am I close enough?
….Kata Tuhan…”aku belum selesai… nak!”
So guys… Tuhan belum selesai dengan gw…(^^)…sabar yah!!

Tinggalkan Balasan

