Special for UKKT


Bicara empat tahun masa kuliah gw di trisakti. Gak bisa gak ngungkap soal UKKT. (unit kerohanian Katolik trisakti). Gw nulis ini bener2 fresh br pulang dr rekoleksi, pas nyampe rumah, bongkar tas, dan tiba-tiba saja kepingin nulis soal UKKT. (akhirnya!) hehehehe… well… gw baru aja pulang dari Rekoleksi 2007 (rekoleksi kelima gw, sejak jadi mahasiswa sampe sekarang baru lulus2an). Dan… hmm… selama perjalanan pulang tadi dan selama di tempat rekol kemarin gw ada berefleksi tentang kegiatan gw selama di UKKT. Dari pertama yang masih cupu Cuma sekedar peserta rekoleksi… panitia-panitia acara… ketua UKKT… hingga akhirnya sekarang sebagai pemerhati saja. Sejujurnya gw banyak iri sama panitia dan peserta kemarin ini… bukan iri krn gw dah gak “sok sibuk’ lagi… tapi iri akan kebersamaan yang pasti akan sangat-sangat gw kangenin di masa yang akan datang.

Masuk UKKT adalah salah satu hal yang banyak membawa perubahan dalam diri gw… berasa bgt yang namanya dibentuk. Gw belajar banyak hal dan semuanya itu adalah pengalaman yang tidak akan bisa dilupakan (kecuali amnesia mungkin). Belajar banyak dan banyak belajar dari semua orang2 yang pernah terlibat di UKKT. Dan… well… believe it or not… setiap kepingan yang mereka berikan sekecil apapun adalah hal yang akan selalu gw simpan. Persahabatan dan kekeluargaan, rasa dan karsa (aih… karsa? I hope itu artinya memang pikiran…=P hahaha… sok tau lagi), cinta dan benci, semuanya… lha…. Semuanya… dan gw bersyukur bgt sama Tuhan … bahwa gw diijinkan untuk mengalami semua itu… bahwa gw diijinkan untuk bertemu anak2-Nya yang… wuah…! Mengenal mereka satu per satu selalu menjadi hal yang menggembirakan buat gw. Karena setiap pribadi baik atau buruk akan memberikan satu kepingan arti kehadiran Dia dalam hidup gw. Dan semua itu menjadikan hidup gw lebih berarti.

Orang –orang itu yang mungkin … (kemarin ini baru gw sadari) … bukan orang2 yang hadir setiap hari setiap saat dalam waktu gw… yang bahkan kadang2 pertemuannya hanya skedar semenit-dua menit … mereka semua adalah kumpulan kliping gw tentang siapa Tuhan. Banyak pribadi yang selalu bisa mengingatkan dan memberi tahu gw… seperti apa sih Tuhan yang mencintai gw itu? Dan diberi kesempatan untuk mempelajari dan berusaha membaca setiap tanda2 itu dalam mereka adalah kenikmatan tersendiri buat gw. Dan… agh… gw bakal kangen bgt menclok sana-sini buat ngobrol2… becanda2… curhat2 colongan… dan lain-lainya. Satu hal yang gak pernah gw sangka bisa gw punya sekarang ini. Gw yang dulu gak bisa dengan semudah itu bergaul… (walau sekarang pun kadang2 masih rada susah) tapi gw yang sekarang merasa bahwa… bergaul itu adalah sarana untuk mendekatkan diri gw ke Dia, dan itu pula yang akhirnya mengubah pribadi gw dari yang tertutup (introvert) menjadi cenderung terbuka. Dan WOW! Itu besar sekali artinya buat perkembangan pribadi gw. Secara gw dulu tuh pendiam bgt, gw yang takut untuk ketemu orang…gw yang aloner sejati…gw yang cuek… pokonya gak gaul bgt deh dll… sekarang ini bisa diperkaya dengan berbagai macam pribadi yang memberikan sentuhan2 dan warna2 yang membuat hidup lebih berarti. Dan semua itu bermula dari UKKT.

“carilah dahulu Kerajaan Allah dan semuanya itu akan ditambahkan pada-Mu…” (sorry gw ga inget ayat ke berapa di kitab mana penggalan ini berada…) adalah satu ayat yang terus gw pegang setiap kali terbentur masalah dan ayat ini pula yang mendorong gw untuk mau terlibat dalam kegiatan UKKT. Hahaha… trus apakah gw ketemu kerajaan Allah di UKKT? Banget! Kaya apa bentuknya? Indah. (^^). Well.. kerajaan Allah UKKT … bukan berupa bangunan atau gereja dengan isinya yang megah kaya gereja st. Peter di Roma… atau katedral. It’s more like… hmm… apa yah… penampungan? Gudang? Tong sampah? Hahaha… mungkin itu kali bahasa tepatnya. Lo gak akan ketemu orang yang tiap hari berdoa dan merenungkan alkitab setiap hari disini. Oh… tidak….UKKT bukan tempat yang tepat untuk menemukan mereka. Yang akan lo temukan adalah mereka2 yang suka bolos kuliah, rajin main kartu dan gak luput dari pergaulan duniawi. Manusia2 bandel yang kelakuannya minus…dan bangga akan hal itu…. tapi deep2 down inside…. Mengerti dan mencintai Tuhan dengan cara yang mungkin gak bisa lo duga. Dan dari mereka lah gw belajar banyak hal… bahwa menemukan Tuhan tidak melulu di gereja atau persekutuan doa. Bahwa menjadi garam bukan hanya berarti menghayati alkitab dan menjauhi keduniawian, namun menerapkannya dalam keseharian. Bahwa… seburuk apapun manusia, sifat-Nya akan terlihat tat kala kita mau sedikit saja membuka hati dan pikiran. Ciee… gw jadi berat2 juga tulisannya.

Tapi bener deh… gw ketemu banyak orang aneh disini. Orang2 yang mencintai Tuhan dengan menghargai kehidupan duniawi. Bingung kan? Tapi yah itu lah… ternyata bisa koq… dan gw senang sekali bisa mempelajarinya. Lain hal yang bikin UKKT tambah menarik adalah karena isinya tidak melulu yang terbaik. Namun mereka-mereka yang tidak sadar terpanggil dan berusaha untuk menjadi yang terbaik. Well.. mungkin ini gak Cuma terjadi di Ukkt, gw cukup yakin ini terjadi di mana pun… Cuma mungkin krn gw berada di lingkup UKKT maka itu yang gw jadiin sample. Hahaha.. beragam pribadi seperti yang gw bilang tadi bakal lo temukan di setiap komunitas, dan kebetulan gw beruntung mempunyai komunitas seperti UKKT, yang isinya campur2 seru.

Beda minat, beda bakat, satu cinta. Cinta pada diri sendiri (alias narsis)… hehehehe… egois nya manusia bakal berasa deh tapi seru juga belajar soal itu, hingga akhirnya lo tau sebatas mana bisa mentolerir keegoisan diri. Bahwa memperhatikan orang lain pertama-tama adalah dengan menjaga diri sendiri sehingga tidak menyusahkan,Bahwa lo gak cukup hebat untuk melakukan segala sesuatu seorang diri, Bahwa dengan memberi banyak bukan berarti lo adalah pahlawan,bahwa keinginan untuk menolong bisa jadi adalah benih kesombongan, bahwa ternyata semakin besar sebuah pekerjaan semakin banyak tangan yang diperlukan untuk melakukannya. Bahwa lo adalah makhluk social bukanlah fakta yang bisa lo kesampingkan, bahwa… masih banyak hal yang harus lo pelajari untuk akhirnya bisa merasa puas…dan masih banyak lagi bahwa.. well.. itu lha… pelajaran yang sedikit banyak gw pelajari di UKKT. Belajar peduli sama orang lain, belajr membuka diri, belajar mencari Tuhan, belajar bertanggung jawab, belajar patah hati yang sehat, belajar jatuh cinta yang gak bikin gila, belajar sabar kalo dicela, belajar bergaul, belajar main kartu, belajar jadi diri sendiri, belajar narsis, belajar menyukai orang yang tidak kita suka, belajar mentertawakan diri sendiri, belajar bahwa gaya adalah yang paling penting =p. dan masih banyak lagi belajar yang lainnya… termasuk… ehem… soal Cinta Sejatiku… itu….(><)v.
Teakhir… THANK YOU LORD sudah mengijinkan aku bertemu makhluk2 halus maupun tidak halus di UKKT, hahaha (^^) pengennya sih nyebut satu per satu setiap anak… tapi gw yakin daftarnya bisa panjang dan gw takut kelupaan satu nama aja…. Jadi buat semua anak UKKT… yang pernah kerja bareng, atau bahkan yang Cuma ngobrol semenit-dua menit… THANK You bgt… You’re the best!!! My true angels… love and will miss you all…

Satu pemikiran pada “Special for UKKT

  1. Mbak/Bang.. salam UKKT! Dan salam kenal.

    satu pertanyaan:

    Sebenarny dari sisi apa saja UKKT dapat DIKEMBANGKAN (dan caranya), yg bisa mengantrkannya sebagai salah satu peyelenggara kegiatan mahsiswa Trisakti (se-PMKAJ kl perlu) yg layak diperhitungkan??

    saat ini:
    Contoh rekol, yg ‘SEHARUSNYA’ ampuh, juga nga ‘berasak’ secara jangka panjang! SEMANGAT dari rekol paling banter hanya 1 minggu, lalu lenyap. Paling hanya jadi ‘pengunjung sekret’ semenit duamenit (tu, seperti Mbak/Abang katakan di atas).
    Saya sudah 3x ikt rekol, nga ada yg WAH, nga ada STRATEGI yg dimainkan, datar” saja. Buktinya, kita tetap kesusahan dalam hal regenerasi. Pemikiran saya lebih ke “kenapa nga menjadikan KEGIATAN” itu sebagai AJANG : PROMOSI dan MENJUAL NAMA. Mengemasnya sedemikian rupa, mengkombinasikan keg. rohani dengan strategi ‘Promosi halus’ (PR). Saya sendiri.. mau tetap bantu”, ya krena “kok nga ada orang ya”. PADAHAL DA IKUT REKOL 3X, iya boss.. kaga ngepek! Starategi HRD nya kaga jalan. Saya amati, SELALU dikonsep dengan ala kadarnya, HASILNYA ya alakadarnya la, coba.. nga usah urusan kesiapan MIC, publikasi aja.. ‘ontime’ hari H, ya wajar.

    boss.. nyatanya, setelah saya amati..
    UKKT tu bagaikan RESTORAN yang digarap dengan cara WARUNG.
    Sangat sayang sekali..!!!

    Lepas dari segala pendapat, UKKT kemudian saya yakini ADALAH UKM TERBAIK, dan SEBENARYA SANGAT KOMPLEKS, sesuatu yg sudah kompleks.. kalau di garap SERIUS: UANG, LINK, dan PENGEMBANGAN DIRI adalah ganjarannya.. ini nyatanya MUTLAK terjadi!
    Saya cukup yakin Mbak/Abang sudah mersakannya.

    SALAM UKKT!!!

Tinggalkan Balasan

