Laporan Baksos JSN (Taman Wisata Muara angke & Suaka Margasatwa Muara Angke)


Minggu, 27 Januari 2008

05.30
(*sayup2 terdengar nada “Sunbeamz”)… alarm berbunyi… Membuka sedikit mata… melihat jam… teken snooze di alarm hp. Tidur lagi.

05.35
(*sayup terdengar Ari lasso bersuara … “Tiba saatnya kita…..) hmm… Ari lasso… tersadar ada yg bergetar2 deket kuping… scr otomoatis mengangkat hp…
Qiriq : “HEH! Bangun…”
Moniq : “hallo..iya bangun”
Qiriq : “ udah bangun blom yg lain?”
mOniq: “hmmm….udah gw dah…. Ba..ngun”
Qiriq: “ berdiri! Jangan tidur lagi!”
Moniq : iya dah bangun koq …. Tenang aja…lo dah di jalan?”
Qiriq; “ iya! BURU bangun…”
Moniq : membuka mata akhirnya… “iya… dah bangun koq”
Qiriq : “yaudah… Bangunin yg lain”
Moniq : “ok2…thank u qiriq”
Qiriq: “Ok bye…!”

HP dimatikan. Mata kembali terpejam…

Ai : “ siapa moniq?’
Moniq: “Qiriq”
Ai : “ ooo…”
Moniq: “ Ai… bangun… dah setengah 6… lo mandi duluan kan lo mandinya lama…” (sambil duduk, ngulet2 dikit…)
Ai : “Kenapa musti gw duluan… kan ada fitry… lo bangunin dia dulu…lgan pasti lamaan dia secara badannya lebih luas…” sambil ganti posisi tidur.
Moniq: “ga enak ai… kita kan numpang tidur… kasih lah dia waktu bntr lg”
Ai : “ o iya bener juga…”
Moniq :’ “ jadi lo mau mandi gak ne?”
Ai : “iya… iya … gw mandi…yang di wa dah pada bangun blom?”
Moniq: “Udah ai… mereka bangun lebih pagi dr kita malah… karena hrs jemput bus…”
Ai : “ ooo gt… yaudah deh gw mandi…”
Tiba-tiba… bantal kepala melayang dari arah atas….menghatam kepala kami.

Fitri: “ bawel lo berdua… badan luas! Kurang ajar!… mandi buruan”
Ai & Moniq :ketawa…”ai dia denger lho trnyt…”

Hehehehe… itu sedikit cuplikan di kos-an fitri pada hari minggu. Begitulah kami bertiga (moniq, ai, dan fitry) mengawali hari kami. Ai dan gw emang sengaja nginep di kos-an fitry biar gak datang terlambat ke kampus. Setelah beres2 di kos2an Fitry… hampir sekitar jam stgh 7 an kami berangkat menuju kampus Trisakti.

Sampai di kampus Trisakti -lebih spesifik lagi depan gerbang kampus seberang terminal Grogol… beberapa teman sudah menunggu. Tapi yg paling lsg terlihat dr jauh adalah kehadiran salah 1 anak UKKT… dengan semangat gw lsg lari ke dia….”LEO!!! pa kbr lo?” sambil menyalami dia… (leo adalah ketua UKKT). “ngapain lo disini pagi2 gini, mo ikutan ?” dan percaya ato gak jawabannya adalah…”gw ada ujian Olahraga” HAH? Serius lo? Pagi2 hr minggu pula…lagian sejak kapan kuliah-an ada ujian olahraga? Hahahaha… gw ketawa… Leo jadi mo malu gt… tapi ternyata dia beneran jujur lho. Gw pun ngobrol2 sm leo sambil nunggu kedatangan teman2 lainnya.Satu per satu datang… tapi yg paling rese itu manusia yang dibonceng sm tirto. Masa dateng2 tanpa aba2 langsung membekap muka gw…. Iya itu … si manusia rese sejagat… Harjo! Ergh… lsg lari ngejar dan bales mukul. Kemudian melanjutkan kembali ngobrol2 sm leo… Akhirnya jam stgh 7 lwt… kami semua naik ke mobil dan gw pun pamitan sm Leo…

Di mobil… gw duduk di antara Yety dan Ai, wuah… rame deh pokonya. Selama perjalanan si harjo curhat2. soal kebatalanya pergi ke peucang…soal rambutnya yg abis dikeriting (tp gak keliatan gt…. Keliatannya kata ai ‘kaya abis bgn tidur’)…dll-nya. Minggu pagi yang diawali dengan ceria… semoga baksos pun berjalan lancar… AMIN!

Rombongan kami tiba pertama kali di lokasi TWA. Kesibukkan panitia sudah mulai terasa… hmm… sambil nunggu anak2 panti yang bentar lagi datang…gw ngbrl2 deh sm ai dan harjo. Kami niat foto2 sebelum anak2 panti dtg… tapi sayang terlambat. Karena bus anak2 panti keburu datang. Agak2 kaget juga setelah melihat kedatangan anak2 karena tdnya gw pikir kita ngundangnya anak2 kecil… tapi yg dtg tingginya hampir sama gt sm gw… bahkan ada yg lbh tinggi. Di beberapa anak gw liat tatapan penuh semangat (halagh)… semua nya keliatan antusias. Duh….. gw jadi agak2 males nyeritain yg depan2… abis rada2 ga penting gt mnrt gw… yah acara awal2 cm terdiri dari sambutan dan sambutan dan sambutan … oo… ya sama perkenalan….so gw cut aja yah… langsung ke yang bagian paling seru. Penanaman Bakau. Duh lupa… ada bagian penting yg benernya cukup informatif waktu bapak walikota jak-ut itu berpidato… tapi jujur aja gw lupa2 inget tuh…(>).

Di tempat pengamatan burung kami masing2 mendapatkan binocular untuk melihat lebih dekat. Hahahaha,… keren binocular pribadi… tapi gaptek juga gwnya… makenya aga2 susah… untung diajarin dulu. Sayangnya kata kak suci… karena kami datangnya siang2 maka burung2 lagi pada tidur siang.(iya… gw juga kaget burung punya jadwal tidur siang juga tenryata…) Jadi kami hanya melihat beberapa jenis saja. Yang paling banyak terlihat adalah burung besi…alias pesawat. Di pos satwa kami dijelaskan tentang hewan2 yang hidup di ekosistem hutan bakau. Belajar jenis2 burung… kadal… monyet… dll. Selain mengamati burung dr binocular kami juga diperkenankan mengamati dari monocular…(^^).

Dari pos satwa kami menuju pos pengamatan air. Disini ada kak hendra yang menjelaskan soal aliran sungai manggarai dan ciliwung yang bertemu di muara angke. Dijelaskan pula beberapa cara untuk mengukur kadar oksigen dalam air. Ternyata semakin tinggi suhu, kadar oksigen semakin banyak dengan demikian hewan2 yang hidup di air pun akan semakin banyak. Disitu kami diajarkan untuk tidak membuang sampah sembarangan agar kadar oksigen dalam air tidak berkurang. Karena hal tersebut membuat efek domino yang akan mempengaruhi keseluruhan ekosistem. PAda saat dilakukan pengukuran kadar oksigen pada air di hutan bakau ini…dengan alat apa gitu namanya (hahaha… maaf yah mas hendra… aku lupa namanya)alat itu menunjukkan angka 2, padahal seharusnya air yang baik itu menunjuk ke angka 6. jadi bisa dibilang kualitasnya buruk sekali. Dan salah satu cara untuk mengembalikan kadar tersebut secara alami adalah dengan tidak membuang sampah dan menanam pohon yang dapat mengikat oksigen dalam air. O ya disini juga dijelaskan kenapa oksigen bisa berada dalam air. Satu karena adanya turbelensi… jadi katanya air yang bergerak kadar oksigennya lebih tinggi ketimbang air yang tenang… makanya itu pula aquarium selalu diaksih blubub2 gt lho… biar kadar oksigennya tinggi. Dua dari tanaman air. (trus apalagi yah? Mas hendra kalo ada yg kurang ditambahin yah….(^^)>). Belajar lumayan banyak bgt soal air bersih di pos ini.

Setelah dari pos air kita ketemu dengan kak cumi di pos tanaman…. (^^). Disini kami dijelaskan tentang keluarga mangrove yang menjadi penghuni hutan bakau. Kami dijelaskan jenis2 mangrove seperti pohon bakau, pidada, dll… dimana mereka tumbuh, jenis akar apa yang mereka punya, dan apa saja kegunaannya… welll… yg gw inget… pidada itu biasanya dikenal dengan nama ketapang…(duh bener ga she yah tiba2 gw ga pede… takut miskom…(><). Ada satu celetukkan yg menurut gw… yah… gimana yah … bijak aja gt… dia pecicilan tapi jauh lebih dewasa dibanding gw mungkin. Keceriaan dewi, husnia, dan teman2 panti yg lain bener2 menular. Seandainya bisa main lebih lama…! husnia sendiri yah… juga hebat mnrt gw… krn waktu makan terkhir di SMMA dia dan beberapa temanya tidak makan… karena sdh kenyang. Tetapi makanan itu mereka simpan dan dikumpulkan untuk diberikan ke teman2 mereka di panti nanti. Gw Tanya ke dia… dan dia bilang udah biasa… gantian kan soalnya… jadi mereka emang sdh terbiasa saling mengingat temen2 mereka…. Hebat yah! Gw suka lho sm mereka… mereka baik2 bgt… dan selama di baksos kemarin jujur aja sangat2 kooperatif. Gak susah untuk mengarahkan mereka. Dan gampang diajak main. Ada Marion juga… bocah ndut gemesin yg lucu waktu main apaseh namanya yg pake tali2an itu… saking paniknya talinya dilempar… hahahaha…. Ya ampun… bener2 pengalaman yang tidak terlupakan. Fuh… selama ini gw suka agak2 kagok dan jaga2 kalo berada dekat dengan anak2 yang ga seberuntung gw… kata (abis berasa dah gak enakkan duluan… kasian gt … yah… I know… hrsnya gk gt… gw msih belajar spy bisa lbh mudah masuk ke lingkungan2 yg beda sm lingkungan gw….(^^)v.) tp ntah knp kmrn ini rasanya… menyenangkan sekali bisa sedekat itu sm mereka. Dan itu bukan krn gwnya sendiri tapi lebih karena mereka yang duluan membuka diri ke gw… itu yang bikin gw salut sama mereka. Dan ini buat kalian semua… selama acara mereka sering bgt bilang… kak … ajak lagi yah kapan2… Mereka senang bgt lho… dan gw rasa… lelahnya kita jadi ilang kalo denger kata2 itu. Iya kan? (^^). Well at least gw se iya… wuah… no wonder yah Elia rajin bgt ke panti asuhan… gw jadi mengerti cerita2 dia di panti. Somehow… mereka yg kecil2 yang justru paling bisa mengajarkan untuk menjadi dewasa. Hahahaha… what a day… banyak bgt pelajarn yg bisa diambil selama satu hari kmrn ini. Dan kalo mau dijujurin… berasa bgt tangan2 Tuhan bekerja… iya kan? Ayo coba diinget2 apa aja? Gw gak akan nyebutin disini… biar kalian sendiri yang merefleksikan dan merasakannya… hahahahaha… tapi dr beberapa reaksi teman2 gw bisa merasakan kalian pun cukup merasakan kehadiran-Nya… semoga tetesan keringat lelah kalian benar2 menjadi embun yang menyegarkan bagi kita semua. AMIN! Keep going yah JSN! So proud to all of us… jangan lupa nanti evaluasi rame2nya hari minggu yah (ayo tuh dipastiin jadwalnya!)… biar baksos-nya makin nendang dan berguna buat kita semua! AMDG! Ok deh see u all di cerita selanjutnya!

Iklan

6 pemikiran pada “Laporan Baksos JSN (Taman Wisata Muara angke & Suaka Margasatwa Muara Angke)

  1. Jadi mau juga nikh kesana kalau mau ke TWA hubungi siapa tolong informasinya (alamat, telp & contact personnya), soalnya gw mau ajak anak2 pathfinder kesana biar tambah wawasan. Terima kasih bro atas informasinya gw tunggu.

  2. Minta alamat, telepon, contact person kalau ada emailnya, yang urus TWA, gw mau ajak anak2 pathfinder kesana buat tambah wawasan dan pengetahuan, terima kasih atas bantuannya, salam Hijau Indonesiaku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s