LapPer JaRilo Part 5A (antara… Jogja-Klaten-Wonogiri)


 

Jumat, 04.04.2008, 22.18

HUAI!!! Ciee… part 5 lho… hohohoho… cepet yah dah part 5 ga berasa…=p. hah! Gw br pulang kantor neh… hr ini tepat 2 minggu yg lalu yah gw malam2 begini msh di wonogiri… kalo gak salah waktu itu lagi nungguin kira ngelucu.=p. hahaha… buat kali ini seharian di wonogiri mudah2an bisa selesai dalam satu part… (^^). Kalo sampe 6 halaman belom selesai juga …. Yah… terpaksa dibagi menjadi dua…. Well.. let us see deh… =p. selamat membaca… ini adalah bagian dimana Kira… menjadi pemeran pembantu kedua… besoknya di solo dia baru naik tingkat jadi pemeran pembantu utama…=p. enjoy fella

 

Jumat, 28.03.2008. sekitar jam 6-7an pagi…

 

"eh… ayooo…. Dong…. Bangun… dah jam stgh 7 neh… ai…. Bangun….."

Sayup-sayup terdengar suara-suara memohon nan mengibakan… (dalam hati berpikir…(halagh… koq hati mikir…=p) berisik bgt se… ga tau apa orang cape bgt…).

 

" hayooo…dongg… bangunnnn… masa ga jadi pergi se… nanti kita telat…."

(hergh… ) hmm… gw dah melek blom se?.=p. Makin lama suara yg memohon kami semua untuk bangun makin jelas aja… dan gw pun mengenalinya sebagai suara Acing… well… waktu itu mata gw berasa di lem… kaga mo melek booo… sungguh2 ngantuk. Dan walaupun gw dah hampir sadar… butuh tenaga yang lebih untuk bangun dr tempat tidur. Mata merem-melek… disuruh melek kaga mau… beraaatttt bgt deh rasanya. Belom kepala yg berasa abis ditimpuk… Huah! Berasa abis mabuk2an semalam, serasa puas minum bergalon2 alkohol gt…(halagh! Kaya tau aja rasanya mabuk)… ergh… acing masih meminta siapa saja dr kami untuk bangun. Rasanya yonnie dah bangun… trus tadi sekilas liat fitry juga bangun dan menuju kamar mandi. Gw pun akhirnya berhasil bangun…langsung pindah sejauh mungkin dr ranjang tmpt ai masih terlelap… dan duduk terdiam mengumpulkan nyawa sambil ngaca di dpn kaca (ya iya lah masa ngaca di dpn tv). Parah… mata gw dah bengep bengkak kaya abis dipukul…tmbh sipit gt… tp yah… masih bisa dibilang cantik lha… untuk ukuran manusia yg hmpr 2 hari kurang tidur.=p. hmmm… berapa lama yah gw duduk diam… berusaha sadar… (untung gak kesambet). HUAH! Hoamm… (mulai ngulet2 dikit, biar ga kaku bdnnya).

 

Ai dan nitha masih tidur. Acing yang sudah mandi dari semenjak mengiba, lagi tidur2an… sambil setiap 5 menit bangun bolak balik bangunin ai atau nitha…(msh tetap mengiba… wuah dia dah hampir mau nangis gt….) Gw masih diem aja… berusaha menyesuaikan diri dan mengumpulkan kekuatan…beberapa menit kemudian akhirnya… berhasil juga gw bangun, dan berdiri (biar lebih seger…) kemudian lunglai gontai… berjalan menuruni tangga ke bawah…

 

Sampai di bawah… gw lihat Fredy terbaring di atas tikar di dkt dapur…(My God… dia tidur disitu semalam?… lgsg berasa… ga enak…=P. maaf yah fred… dah ngerepotin abis). Dr situ jalan pelan2 menuju ruang tamu… melihat yonni lagi di ruang tamu… tp gw lupa dia lagi ngapain…tenggorokkan gw kering sakit bgt… jadi gw langsung cari air untuk setidaknya basahin tenggorokkan… glek! Seger dikit…tapi dr situ dah berasa badan ga enak. Hmmm… tanda2 neh.=p.  gak lama… acing berhasil membangunkan semuanya… dan mulai lha pada ngobrol ngorol ngidul gak jelas… kepala gw masih berat bgt… dan gw kedinginan ntah knp…jadi gw ambil syal hijau gw di atas dan sambil packing2, akhirnya semua berhasil kumpul di ruang tamu lagi…tepat sebelum kita siap berangkat (itu dah pake beberes, sikat gigi, cuci muka, dll), fredy menyarankan kita untuk makan pagi dulu… jadi ai dan acing pun membantu nyokap dan adiknya fredy menyiapkan sarapan. Waktu itu sdh Jm stgh 8an kalo gak salah.

 

Rencana untuk bertemu dengan aji di Wonogiri dan kemudian mengikuti jalan salib di gunung gandul… sudah tidak memungkinkan.Kami selesai sarapan sekitar jam 8an dan seharusnya jam segitu kami sudah sampai di wonogiri… Waktu itu acing sdh terlihat kecewa bgt…krn memang sbnrnya dia pengennnn bgt ikutan jalan salib itu… semenjak Aji menceritakannya di baksos kmrn, dan sejujurnya dia bela2in bolos hr sabtu dr kntr spy bisa pergi ke wonogiri dan ikutan jalan salib itu. Namun apa daya… janji untuk bangun pagi kmrn ini dengan sukses dilanggar oleh kami semua….(maaf yah cing… maaf yah ji…<(><)>).  Tapi kami tetap memutuskan untuk berangkat ke wonogiri. Waktu itu gw pikir kita bisa lha jalan salib sendirian… mksd gw jalan salib gt lho… kan dah ada perhentian2 tersendiri… (tdnya gw pikir jalan salibnya itu kaya yg di gereja2 yg setiap perhentian ada patung2nya… dan gw pikir juga gunung gandul itu kaya gereja lembah karmel), jadi gw berusaha menghibur acing dengan melontarkan ide gw itu…  ternyata oh ternyata… jalan salib yg dimaksud Aji, adalah jalan salib dengan visualisasi drama…dan gunung gandul sebenarnya adalah emang gunung beneran… bukan gereja, jadi ga punya patung2 jalan salib…(><). (miskom…hehehehe…makanya jangan sok tahu niq….=p)

 

Well… bubur sdh menjadi basi… sabar subur yah cing…percuma menyesali… jadi hmm… let’s go to Wonogiri… untuk menepati janji jumpa fans monicaholic dengan aji.=p. (narsis mode on… hmmm… kayanya… narsis gw gak pernah mode off yah?…=p)  . sebelum berangkat… Fredy dan yang lainnya… membuat rencana perjalanan terlebih dahulu. Dr hasil diskusi akhirnya diputuskan untuk menuju Wonogiri melalui Klaten (sekalian jemput Sronggotz). Selama mereka berdiskusi itulah… badan gw yang dah berasa gak enak… makin gimana gitu… akhirnya gw memberanikan diri untuk minta Tolak Angin dan koin ke nyokap fredy…(biasanya sebelum brgkt jalan dan sepulangnya… gw suka minum itu untuk pencegahan… mgkn cm sugesti ato apa… tp buat gw cukup ampuh tuh untuk menjaga stamina…*iklan mode on neh gw…=p) . YES!! Tolak anginnya dapet… Baikknya ibumu itu fred… ngelihat gw yg mukanya pucat2 cantiq (emang drakula??), dia menawarkan untuk ngerokkin gw…(yey!!! Itu emang yg gw mau…=p) langsung gw terima tawaran itu… soalnya bener2 wkt itu, kepala dah sedikit berat, dan pelupuk berasa panas.. plus tenggorokkan yg kering bgt… kan daripada2 lebih baik mendingan2.

 

sambil nunggu yg lain diskusi. Gw m nyokap fredy mojok di depan…(halagh… kesannya…) dan duh… segernya… dikerok gt deh leher gw, mungkin sugesti lagi… tp kepala lgsg berasa agak ringan lho saat itu…=p. Hasilnya: yah… sukses merah gt deh…diagnosis membuktikan gw memang masuk angin, dan semenjak itulah syal hijau gw yg garis2 seksi… tak pernah terlepas dr leher gw…kemanapun kami pergi, mo sepanas apapun… sampe dengan hari terakhir… pasti gw pake kemana-mana…(nyembunyiin kerokkan gt deh…=p). bisa dibilang gw menciptakan tren baru untuk anak2 JaRiLo, memakai syal bahkan di kala panas terik meraja.(^^).

 

YUK! Berangkat…! Kami sempat mampir dulu ke rumahnya Mas Hadi untuk pamitan.. beliau masih tidur waktu itu, dan menyambut kami dengan senyum ngantuk. Hehehe… DAGh mas Hadi, terima kasih yah untuk cerita2nya…! maka… perjalanan ke wonogiri pun dimulai.

 

Hmmm… sepanjang jalan… kami bergantian bangun-tidur… biar ada yg nemenin fredy nyetir.. (yg paling kurang ajar… si yonni kumis klimis tipis itu… lho… dia dah dpt kehormatan duduk di depan-samping fredy… dan dia tidur nyenyak sepanjang Klaten sampe di rumah sronggotz…(–!), untung aja… cewe2 masih seger2.) jadi selama jalan becanda2 juga kami biar ga ngantuk2 bgt sekalian menghibur fredy… kami sempat melewati sekolah fredy dulu… yg letaknya di perbatasan dan berupa bangunan tua… museum affandy… dengan arsitektur yang tidak biasa…. candi prambanan yang letaknya di perbatasan juga…(iya kan yah???)… trus… drsitu lgsg masuk Klaten yah? (gw lupa neh…)

 

Hmm… Klaten itu… ternyata lmyn panjang yah? Hehehehe… agak2 besar keliatannya. waktu menuju rumah sronggotz.. Fredy sempet ngasih tahu…jalan yang mengarah ke rumah Bowo… ktnya jalan masuknya dari pabrik gula yang ada museum gula gt deh…(apa seh isinya museum gula? Koq gula dimuseum-in seh… gw curiga itu isinya sbnrnya mesin2 pembuatan gula yg sdh gak dipake… bener gak…? soalnya gak mungkin juga gula diawetin kan? Lagian buat apa gt lho…=p.. atau mungkin proses pembuatan gula kali yah?  halagh! Koq jadi bahasan panjang…("o)>,). Jalan menuju rumah Sronggotz… kerennn bgt… kiri kanan sawah. Dan… wuah desa bgt deh… kaya foto2 yang suka ada di kalender2 itu lho. Enak bgt seh srong, tempat lo… dah dikelilingi gunung, kiri kanan ijo pematang sawah…dan orang2 keliatan banyak yg naik sepeda onthel… gw jadi mo ngiri neh.=p. Asri bgt. Smbl lewatin sawah hijau menguning… banyak petani2 yg bekerja… ai dan nitha ada sedikit2 cerita soal itu. Nitha krn rmhnya di kampung situ masih sesawahan gitu juga… ai nyeritain kmpgnya Qinoy. =p.

 

Hmm… ini sekilas soal katen…(sumber: http://www.klaten.go.id & wikipedia … hebat yah klaten punya website lho…=p).

 

Luas wilayah kabupaten Klaten mencapai 665,56 km2. Di sebelah timur berbatasan dengan kabupaten Sukoharjo. Di sebelah selatan berbatasan dengan kabupaten Gunungkidul (Daerah Istimewa Yogyakarta). Di sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Sleman (Daerah Istimewa Yogyakarta) dan di sebelah utara berbatasan dengan kabupaten Boyolali.

 

Ada dua versi yang menyebut tentang asal muasal nama Klaten. Versi pertama mengatakan bahwa Klaten berasal dari kata kelati atau buah bibir. Kata kelati ini kemudian mengalami disimilasi menjadi Klaten. Klaten sejak dulu merupakan daerah yang terkenal karena kesuburannya.

 

Versi kedua menyebutkan Klaten berasal dari kota Melati. Kata Melati kemudian berubah menjadi Mlati. Berubah lagi jadi kata Klati, sehingga memudahkan ucapan kata Klati berubah menjadi kata Klaten. Versi ke dua ini atas dasar kata-kata orangtua sebagaimana dikutip dalam buku Klaten dari Masa ke Masa yang diterbitkan Bagian Ortakala Setda Kab. Dati II Klaten Tahun 1992/1993.

 

Melati adalah nama seorang kyai yang pada kurang lebih 560 tahun yang lalu datang di suatu tempat yang masih berupa hutan belantara. Kyai Melati Sekolekan, nama lengkap dari Kyai Melati, menetap di tempat itu. Semakin lama semakin banyak orang yang tinggal di sekitarnya, dan daerah itulah yang menjadi Klaten yang sekarang.

 

Obyek pariwisata pilihan di Klaten antara lain:

– Candi Prambanan

– Wisata Alam Deles Indah,

– Telaga Jombor,

– Museum Gula, (ternyata museum gula masuk objek pariwisata…=p)

– Kompleks Candi Sewu

– Kawasan Pancingan Janti

– Wisata Tradisi Saparan, dll

 

Visi Kabupaten Klaten:

Terwujudnya Klaten yang Toto Titi Tentrem Kerto Raharjo. (hehehe… ini apa artinya yah???)

 

Sampai juga akhirnya di rumah sronggotz…hehehe…. Ada yg lucu… si nitha pas di mobil, sempet nanya… kita ngapain dan pas dijawab ke rumah Sronngotz… jemput dia. Tau apa pertanyaan berikutnya?

"sronggotz apaan?" tanya nitha.
"semacam serangga." Jawab ai…

Gw? Geleng-geleng kepala aja deh… hehehehe…

pas nyampe rumah dan dikenali ke nitha dan ai. Nitha langsung yang komentar… "jadi sronggotz itu nama orang??? Manusia???" Hahahahaha…  yah gt deh… sejak saat itu lha nitha manggil sronggotz dengan panggilan sayang "srongz". Kami Cuma bertamu sebentar disini. Cuma duduk2… saling pijat memijat… =P. gw sm fitsy sempat jalan2 bentar juga… ke samping rumahnya sronggotz…

 

Dari rumah sronggotz… sejam pertama… kami masih semangat becanda2…(kami
disini merajuk pada: gw, nitha, dan Ai).msh smpt nyanyi… komentarin lagu si jikustik yang malam ini malam minggu yah kalo gak salah judulnya… msh ceng2in Sronggotz yg baru hadir… yah… 15 menit kemudian… dah mulai cape ketawa… satu per satu… mulai senderan… dan pelan2 terlelap… sampai akhirnya…sayup2 yg kedengaran cm suara sronggotz dan fredy yg lagi ngobrol. Gw sempet se mo tetep keukeh bangun… dan mo ikut campur pembicaraan mereka… tapi mereka ngobrol dlm bhs jawa… dan gw ga tau apa yg mereka obrolin… jadi gw milih tidur lagi deh…=p (bilang aja emang ngantuk…=p).

 

Bangun… bangun… dah nyampe aja lho di rumahnya aji….(^^). Cepet bener yah…

(tidur… seh ga berasa…=p). akhirnya… WONOGIRI….

bersambung…

Iklan

2 pemikiran pada “LapPer JaRilo Part 5A (antara… Jogja-Klaten-Wonogiri)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s